Hukum Asuransi Mobil (Kendaraan)

hukum-asuransi-mobil-fatawaualamaislamPertanyaan: Muhammad Husnain Iwadh bertanya tentang hukum mengasuransikan mobil-mobil (kendaraan) dimana biro-biro penyewaan mobil secara harian di Airport memberikan asuransi terhadap mobil-mobil mereka. Bila seseorang menyewa dari mereka, dia harus membayar sebanyak hampir 30 Riyal sebagai biaya asuransi atas mobilnya. Tujuan dari itu, jika terjadi kecelakaan terhadap mobil tersebut dan kesalahan ada pada si penyewa, maka perusahaan akan menanggung biaya perbaikannya. Sudilah kiranya memberikan penjelasan kepada kami, semoga Allah membalas kepada Anda.

Jawaban: Asuransi, dalam hemat saya, merupakan bagian dari adh-Dharar (sesuatu yang mengandung bahaya) sebab perusahaan tersebut terkadang mengambil dari para polis (pengasuransi) uang yang banyak setiap tahun padahal tidak berbuat sesuatupun terhadap mereka dan merekapun tidak membutuhkan mereka untuk biaya servis dan lainnya. Akan tetapi sebaliknya, terkadang mengambil dari yang lain sedikit uang namun perusahaan bisa menanggung kerugian yang besar karenanya.

Selain itu, ada segolongan pemilik mobil yang lemah iman dan kurang rasa takut mereka kepada Allah, kapan salah seorang diantara mereka ini mengasuransikan mobilnya, maka dia tidak peduli terhadap apa yang kelak akan terjadi sehingga dia bisa saja mengalami banyak bahaya, bertindak ceroboh di dalam menyetir mobilnya lantas menyebabkan terjadinya kecelakaan, membunuh jiwa yang aman dan menghancurkan harta benda yang dihormati. Dia tidak peduli dengan semua itu sebab mengetahui bahwa perusahaan tersebut akan menanggung implikasi dari hal itu semua.

Sekali lagi saya tegaskan, asuransi seperti ini tidak boleh sama sekali karena alasan-alasan tersebut dan alasan lainnya, baik terhadap mobil, jiwa, harta atapun lainnya.

—————————
Sumber: Fatawa Islamiyyah Syaikh Ibnu Jibrin, Jilid 1 hal. 213.
Artikel https://fatawaulamaislam.wordpress.com

Posted on December 3, 2012, in Fatwa dan Ijtihad, Fiqih, Jual Beli dan Riba, Muamalah, Pekerja and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: