Hukum Pembantu Perempuan Tanpa Mahram

Pertanyaan: Saya seseorang yang bekerja di sebuah lembaga pemerintahan dan istriku bekerja sebagai seorang guru, sedangkan kami memiliki anak-anak, alhamdulillah. Maka kami mendatangkan seorang pembantu perempuan[1] tanpa seorang mahram. Bagaimana hukumnya?

Jawaban: Keberadaan seorang pembantu perempuan di rumah yang tidak ada seorangpun di dalamnya kecuali istri adalah berbahaya. Yang lebih selamat, janganlah engkau mendatangkan seorang pembantu perempuan yang engkau bersendiri dengannya, sehingga menghasilkan keburukan antara dirimu, pembantu dan juga istri. Adapun jika dua orang pembantu maka ini lebih selamat, atau di rumahmu ada ibumu atau saudara-saudara perempuan selain istrimu, maka ini lebih ringan. Adapun mahram, maka wajib adanya mahram jika hal itu mudah, dan wajib bagi (keluarga pembantu) untuk tidak mengirimnya kecuali dengan mahram, dan bagimu untuk melakukan hal tersebut jika Allah mempermudah hal tersebut. Karena Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Janganlah perempuan melakukan perjalanan kecuali dengan mahram.” (HR. Bukhari no. 1729 dan Muslim no. 2391). Dan wajib bagi (keluarga pembantu) untuk tidak mengirimnya kecuali dengan mahram, namun kebanyakan mereka tamak dan tidak memperhatikan hal ini, sehingga mengirim mereka (tanpa mahram). Kita memohon keselamatan kepada Allah.
______________________

Sumber: Fatawa Lajnah Daaimah Lil Buhuts Al ‘Ilmiyyah wal Ifta’, Saudi Arabia.
Diterjemahkan oleh Abu Unais, teks asli lihat di alifta.com.

Catatan kaki:
[1] Berlaku juga untuk pembantu laki-laki.

Posted on May 14, 2012, in Fatwa dan Ijtihad, Muamalah, Pekerja, Wanita and tagged , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. pantesan bnyk tkw yg di perkosa di arab saudi

    alhamdulilah nambah wawasan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: