Hukum Mengoleksi Buku Tapi Tidak Membacanya

Pertanyaan: Saya seorang laki-laki yang memiliki banyak buku yang bermanfaat, alhamdulillah, termasuk juga buku-buku rujukan (maraji’), tapi saya tidak membacanya kecuali memilih-milih sebagiannya. Apakah saya berdosa karena mengoleksi buku-buku tersebut di rumah, sementara ada beberapa orang yang meminjam sebagian buku-buku tersebut untuk dimanfaatkan lalu dikembalikan?

Jawaban: Tidak ada dosa bagi seorang muslim untuk mengoleksi buku-buku yang bermanfaat dan merawatnya di perpustakaan pribadinya sebagai bahan rujukan dan untuk diambil manfaatnya serta untuk dipergunakan oleh orang lain yang mengunjunginya sehingga bisa ikut memanfaatkannya. Dan tidak berdosa jika ia membaca sebagian besar buku-buku tersebut. Tentang meminjamkannya kepada orang-orang yang dipercaya bisa memanfaatkannya, hal ini disyari’atkan disamping sebagai sikap mendekatkan diri kepada Allah ta’ala, karena dalam hal ini berarti memberikan bantuan untuk diperolehnya ilmu, dan ini termasuk dalam cakupan firman Allah ta’ala, “Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan taqwa.” (QS. Al-Maidah: 2). Juga termasuk dalam cakupan sabda Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam,

والله في عون العبد ما كان العبد في عون أخيه

“Dan Allah senantiasa menolong hambaNya selama hamba itu menolong saudaranya.” [1]
______________________

Sumber: Fatwa Hai’ah Kibaril Ulama, Juz 2, hal. 969, Syaikh Ibnu Baz. Dinukil dari: Fatwa-Fatwa Terkini Jilid 2, Pustaka Darul Haq.

Catatan kaki:
[1] HR. Muslim dalam Adz-Dzikr (2699).

Posted on January 25, 2012, in Akhlaq dan Adab, Fatwa dan Ijtihad, Ilmu and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: